Sejarah ilmu managemen, chapter 4

HENRY LAWRENCE GANTT (Teori Manajemen Ilmiah), periode (1861-1919)



Henry Lawrence Gantt lahir dari keluarga Maryland yang makmur pada tahun 1861, selama the American Civil War. Meskipun Maryland didaerah utara, kebanyakan orang begitu simpati dengan persekutuan, termasuk orang tua Gantt yaitu Virgil dan Mary. Ayah Gantt adalah orang yang sukses di perkebunan, tapi ketika Presiden Lincoln memproklamirkan emansipasi pada September 1862, 69 budaknya ditinggalkan.



Akhirnya Virgil Gantt secara keuangan bangkrut dan keluarganya memaksa untuk meninggalkan perkebunan dan pindah ke Baltimore untuk mencari kehidupan baru. Dari posisi yang nyaman, aman, dan makmur Gantt kembali pada situasi yang benar-benar nyata. Virgil Gantt berhutang cukup besar, sehingga tidak dapat cukup memberikan kontribusi kepada kebutuhan keluarga, jadi Mary Gantt yang mencari nafkah, yaitu membuka rumah idekos hingga anak perempuan terbesarnya, Margaret dapat membantu keluarga dengan bekerja sebagai guru sekolah.



Akibat dari perubahan yang drastis pada keluarga ini, menyebabkan Henry Gantt meninggalkan rumah ketika dia berumur 12 tahun untuk masuk sekolah McDonagh, yang baru-baru ini dibangun dekat Baltimore seperti sekolah gratis untuk anak laki-laki petani yang miskin.



Disiplin dan pelatihan yang keras, pekerjaan yang tidak henti-hentinya membuat Gantt berpikir untuk meninggalkan harapannya. Gantt mengalami kemajuan yang besar di sekolah dan memenangkan beasiswa ke universitas Johns Hopkins, walaupun dia melanjutkan kehidupannya di sekolah dan pulang pergi ke universitas setiap hari. Setelah lulus dari Johns Hopkins pada tahun 1880, dia menghabiskan waktunya selama tiga tahun untuk mengajar ilmu alam dan fisika di McDonagh sebelum mulai lagi sekolahnya, yang pada saat ini berada di Stevens Institute of Technology. Gantt pergi kesana pada tahun 1883 (tahun dimana F.W. Taylor memperoleh gelar Master dari Stevens Institute) dan lulus sebagai insinyur mesin pada tahun 1884. Setelah meninggalkan Stevens Institute Gantt kembali ke Baltimore, menghabiskan waktu selama dua tahun sebagai draftman di Poole and Hunt, sebuah perusahaan besi and masinis. Pada tahun 1886 dia kembali ke McDonagh, pada saat ini sebagai instruktur pada pelatihan manual, sebelum bergabung ke Midvale Steel pada tahun 1887.



Pada saat itu Gantt tiba di Midvale Steel sebagai asisten di departemen teknik mesin, F.W. Taylor sebagai kepala masinis di pabrik tersebut. Pada tahun 1888 Gantt dipilih untuk menjadi anggota dari American Society of Mechanical Engineers dan juga menjadi asisten Taylor.



Teori Manajemen Ilmiah menerangkan secara ilmiah metode terbaik untuk melaksanakan tugas apapun, dan untuk menyeleksi, melatih dan memotivasi pekerja. Tujuannya adalah kebutuhan untuk meningkatkan produktivitas.

Henry L. Gantt adalah seorang rekan Taylor, Henry L. Gantt mengemukakan empat gagasan Peningkatan Manajemen sebagai berikut:

1. Kerjasama yang saling menguntungkan antara tenaga kerja dan manajemen,

2. Seleksi ilmiah tenaga kerja,

3. Sistem insentif (bonus) untuk merangsang produktivitas karyawan dan organisasi,

4. Penggunaan instruksi-instruksi kerja yang terperinci.



Kontribusi terbesar Gantt terhadap manajemen ilmiah adalah penggunaan metode Grafik (Chart) yang dikenal sebagai “Bagan Gantt” (Gantt Chart), untuk perencanaan , koordinasi dan pengawasan produksi. Teknik-teknik scheduling modern dikembangkan atas dasar metode scheduling produksi dari Gantt.

Bagan Gantt merupakan metode yang paling terkenal dalam proses perencanaan dan pengawasan yang berhubungan dengan waktu. Bagan ini dikembangkan oleh Henry L. Gantt dalam waktu 1900-an. Bagan yang relatif sederhana ini telah memberikan sumbangan yang cukup besar bagi semua bentuk manajemen operasi, dan masih cukup bernilai serta digunakan meluas sebagai teknik pengawasan terutama dalam perubahan-perubahan dengan banyak proyek-proyek yang saling berhubungan.



Bagan Gantt dapat didefinisikan sebagai suatu bagan yang mempunyai keluaran di satu sumbu dan satuan waktu di sumbu yang lain serta menunjukkan kegiatan yang direncanakan dan kegiatan yang telah diselesaikan dalam hubungan antar setiap kegiatan dan dalam hubungannya dengan waktu, atau dengan kata lain merupakan sebuah grafik batang yang mengukur pekerjaan yang direncanakan dan diselesaikan di setiap tingkat produksi menurut waktu yang diperlukan. Bagan Gantt sampai sekarang masih banyak digunakan di industri sebagai sebuah metode penjadwalan kerja.



Banyak bagan Gantt nyata menggunakan garis dari plastik yang mudah dipindah-pindah, dengan perbedaan warna untuk menunjukkan program yang dijadwalkan. Bagian mekanik dapat menggunakan kartu. Dari bagan tersebut, manajer dapat melihat apakah suatu proyek sedang dikerjakan, telah selesai, atau belum dikerjakan.



Henry L. Gantt mempertimbangkan sistem insentif dari Taylor yaitu:

 Memberikan motivasi kepada karyawan yang mampu menyelesaikan tugas yang dibebankan melalui insentif /bonus.

 Mencatat kemajuan pekerja dan dilakukan secara terbuka serta dicatat pada bagan balok individual (bagan Gantt) dengan warna hitam untuk pekerja yang mencapai standar, dan warna merah untuk pekerja yang gagal.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.