CEO SERIES: CEO TOGA MAS BAHAS strategic retail

Strategic retail tema yang diangkat dalam seminar CEO Series diberikan oleh Johan Budhi Sava. CEO dari TOGA MAS, toko buku terkemuka yang sudah memiliki puluhan gerai diseluruh Indonesia. Johan, demikian dia akrab dipangggil, juga merupakan alumni Universitas Narotama yang lulus pada tahun 1992. Johan memaparkan perjalanan karirnya dalam mengambil keputusan menjadi seorang wira usahawan.

Kerja keras, inovasi dan kreasi yang berkelanjutan adalah salah satu tips kesuksesan Johan dalam membangun bisnis toko bukunya. Johan juga memaparkan alasan memilih toko buku sebagai bisnis yang digeluti, karena life cycle dari buku masih sangat baik khususnya buku-buku pendidikan.

Dalam mengembangkan bisnisnya, Johan merancang bisnis toko bukunya memasuki blue ocean. Dengan memberikan discount setiap saat, penukaran buku dengan jangka waktu 1 hari, dan penguatan networking di semua kalangan.

Menjadi entrepreneur, menurut johan, koneksi adalah sangat penting. Koneksi bisa dibangun, demikian statemen johan. Johan mengisahkan bagaimana dia menjalin koneksi dengan tokoh akademis, politis, artis, seniman, birokrasi dan pihak-pihak lain yang tentunya akan membantu bisnisnya semakin baik.

Lebih lanjut Johan juga menceritakan duka yang dialaminya saat mengalami kerugian, dan bagaimana dia harus tetap optimis. Budaya optimis dan egaliter inilah yang dibangun oleh Johan dalam menajalankan bisnisnya. Meskipun pada saat penurunan ekonomi secara makro, Johan terus memberikan suntikan optimism kepada tim TOGA MAS.

Seminar yang dihadiri ratusan peserta baik dari dalam kampus Universitas Narotama maupun undangan seperti dari PT Varia Usaha Beton, PT Santos dan undangan lainnya, Johan memberikan pesan khusus kepada mahasiswa bahwa mempelajari ilmu pada saat kuliah sangat berguna baginya dalam menjalankan bisnisnya.

Pada saat yang sama, Dekan Fakultas Ekonomi, Ragil Sugiharto, mengharapkan alumni Fakultas Ekonomi Universitas Narotama dimana saja untuk bisa kembali ke kampus agar bisa sharing kepada mahasiwa-mahasiswa di Universitas Narotama dan menjalin hubungan yang lebih erat lagi.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.